Direktur Operasional PT. Jamkrida NTT, Octaviana Ferdiana Mae saat menerima penghargaan

JAKARTA – Di tengah situasi NTT masih dikepung Covid-19, ada kabar gembira. PT Jamkrida NTT berhasil meraih penghargaan TOP BUMD Award Tahun 2021, karena dinilai berkinerja baik oleh

Informasi yang diterima, pada 11 September 2021, PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) NTT meraih penghargaan prestisius di bidangnya dalam deretan BUMD terkemuka di Indonesia.

Direktur Utama Jamkrida, Ibrahim Imang, kepada detakpasifik.com mengungkapkan kegembiraannya karena usia Jamkrida NTT masih terbilang teramat muda jika dibandingkan BUMD sejenis di tanah air.

Dia menyebutkan, PT Jamkirda NTT meraih penghargaan sebagai Top BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Awards 2021 Kategori Bintang 3 dari Majalah TopBusiness dan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA).

Penyerahan piala dan piagam dilaksanakan, Jumat (9/9/2021) di Ballroom Hotel Rafles Jakarta. Dilaporkan, saat memberikan sambutan, Ketua Panitia Top BUMD Awards 2021, M Lutfi Handayani mengatakan, Top BUMD Awards merupakan kegiatan award BUMD Terbesar di Indonesia yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik. “Sejak 2016, pemberian Award ini rutin diselenggarakan Majalah Top Business,” kata Lutfi Handayani, Pemimpin Redaksi Majalah Top Business.

Ia juga mengatakan, tema yang diangkat dalam Top BUMD Awards 2021 ini adalah “Membangun kinerja dan layanan BUMD tetap produktif di masa pandemi Covid-19”.

Menurut Lutfi, BUMD yang menerima penghargaan adalah BUMD dari seluruh Indonesia yang dinilai berkinerja baik. Disebut berkinerja baik lantaran BUMD banyak melakukan inovasi perbaikan dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, juga memiliki strategi yang mumpuni agar bisnis bertumbuh dan berkelanjutan di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Jamkrida NTT, Octaviana Ferdiana Mae mengatakan, penghargaan yang diterima Jamkrida NTT ini merupakan bukti pengakuan kinerja PT Jamkrida NTT. “Kami berterima kasih, penghargaan ini tentu diberikan setelah melalui penilaian terhadap kinerja PT Jamkrida NTT oleh Juri yang sangat kredibel,” kata Octaviana mewakili Direktur Utama PT Jamkrida NTT.

Octaviana mengatakan, meski dalam kondisi pandemi, PT Jamkrida NTT sebagai BUMD melakukan berbagai inovasi agar dapat mengimplementasikan program strategis yang bermuara pada kesejahteraan rakyat NTT.

“Inovasi menjadi kunci utama dalam pandemi. Hal itu terinspirasi oleh arahan dan petunjuk Gubernur NTT yang mengucapkan perihal inovasi ini berulang kali. Gubernur mengingatkan hal ini, berarti inovasi tentu ini penting dan perlu bahkan harus agar tidak diterpa oleh badai situasi Covid-19. Jadi motivasi Gubernur NTT ini selalu menjadi pegangan direksi dan komisaris dalam mewujudkan visi dan misi PT Jamkrida,” tutup Octaviana.

Diikuti 182 BUMD

Top BUMD Awards 2021 ini, diikuti 182 BUMD dari total 1.149 BUMD di Indonesia. Sejumlah lembaga penilai dan konsultan ikut sebagai penilai. Antara lain, Institut Otonomi Daerah, FEB Universitas Padjadjaran Bandung, LKN, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Asia Business Research Center, Sinergi Daya Prima, Melani K Harriman Associates, Dwika Consulting dan lain-lain.

Direktur Utama PT Jamkrida NTT, Ibrahim Imang mengatakan, PT Jamkrida NTT baru di tahun ke 6 sudah berhasil mendapatkan Top BUMD di Indonesia, padahal kita harus bersaing dengan seluruh BUMD se-Indonesia. Bukan hanya lembaga penjaminan sejenis yang mengikuti kompetisi ini, tetapi juga Bank Pembangunan Daerah di seluruh Indonesia.

Beruntunglah NTT, menyumbangkan dua lembaga keuangan yang meraih posisi prestisius yang ditandai dengan perolehan penghargaan Top BUMD Awards 2021. Selain PT Jamkrida NTT, Bank Pembangunan Daerah NTT juga memperoleh penghargaan yang sama. “Jadi, kami merasa kerja-kerja inovasi dan kerja keras kami selama ini bermakna untuk kepentingan pembangunan ekonomi di daerah ini,” ujar Ibrahim Imang, satu tokoh fenomenal NTT.

Peraihan penghargaan sangat prestisius ini sesungguhnya tidak mengherankan karena PT Jamkrida di bawah kendali Ibrahim Imang telah beberapa tahun belakangan ini sangat serius menjadikan PT Jamkrida NTT sebagai lembaga jaminan kredit yang kuat dan solid.

Karena itu, berbagai inovasi dikembangkan dengan tim kerja yang kompak dan berorientasi sama. Laporan sebelumnya memperlihatkan PT Jamkrida sanggup menjadi lembaga kredit yang aman dan nyaman. “Saya tancap gas sesaat setelah saya dipilih menjadi Direktur Utama PT Jamkrida,” ujar tokoh penting asal Alor ini.

Disebutkan, kondisi dan perkembangan kredit dan jaminan kredit usah di sektor usaha kecil menengah di NTT hingga paruh pertama tahun 2020 berjalan baik dan sehat, karena kuatnya dukungan lembaga penjaminan kredit daerah Nusa Tenggara Timur. Karena itu, PT Jamkrida berfungsi untuk menjamin kredit tetap aman dan nyaman. (*/st)

Sumber :
“https://www.mediantt.com/2021/09/13/berkinerja-baik-pt-jamkrida-ntt-raih-top-bumd-awards-bintang-3-tahun-2021/”